Dalam rangka meningkatkan kepercayaan pemustaka terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan Perpustakaan Umum pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon pada bulan November 2022 telah mengajukan Akreditasi Perpustakaan ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sesuai dengan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 8 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Kabupaten/Kota.  Hal ini tertuang dalam Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 pasal 14 ayat 2 yaitu setiap perpustakaan menerapkan tata cara layanan perpustakaan berdasarkan standar nasional perpustakaan, sehingga perpustakaan bisa memberikan pelayanan yang prima kepada pemustaka.

Visitasi akreditasi Perpustakaan Umum pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon oleh Tim Asesor dari Perpustakaan Nasional RI dilakukan secara luring, Senin (12/12/2022). Asesor yang ditugaskan yaitu Bapak Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib didampingi Bapak Tia Septian, S.Hum. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon Bapak Gunawan, ATD. DEA., menyambut asesor dan berharap hasil  akreditasi nantinya akan menjadi tolak ukur serta evaluasi untuk peningkatan layanan perpustakaan kedepannya. Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan Bapak Agus Jaman S.A.P. memaparkan selayang pandang Perpustakaan Umum pada Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon. Dilanjutkan dengan validasi instrumen dan bukti fisik akreditasi perpustakaan dari komponen 1-6 yang telah diajukan oleh Perpustakaan Umum pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon. Kegiatan visitasi berlangsung dari jam 13.00-16.00 WIB melibatkan Tim Akreditasi yaitu Kepala Dinas, Kepala Bidang, Sub Koordinator, pustakawan dan staf perpustakaan. Banyak masukan dari asesor yang menjadi bahan evaluasi Perpustakaan Umum pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon, adapun hasil akreditasi nantinya sebagai langkah awal untuk memberikan pelayanan prima kepada pemustaka.

Serah Terima Berita Acara Visitasi Akreditasi Perpustakaan 400 Perpustakaan Umum Kota Cirebon
(Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon) Tahun 2022
Visitasi Akreditasi Perpustakaan 400 Perpustakaan Umum Kota Cirebon (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon) Tahun 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *